Selasa, 20 Desember 2016

Definisi Trakoma Menurut WHO

Definisi trakoma menurut WHO adalah salah satu penyakit mata menular yang meningkatkan kebutaan disebabkan infeksi bakteri obligat intraseluler yaitu chlamydia trachomatis.

Infeksi trakoma ditularkan melalui kontak mata secara langsung dan nafas pembuangan dari hidung orang yang terinfeksi, terutama anak-anak muda yang rawan infeksi. Trakoma juga ditularkan oleh lalat yang telah melakukan kontak dengan mata dan hidung orang terinfeksi.

Definisi Trakoma

Trachoma adalah hiperendemis di  pedesaan miskin untuk beberapa Negara di Afrika, Amerika Tengah dan Selatan, Asia, Australia dan Timur Tengah. Trakoma menyebabkan kebutaan atau gangguan penglihatan dari sekitar 1,9 juta orang, di mana sekitar 1,4% dari total global individu mengalami kebutaaan permanen.

Pada 2015, di 29 negara-negara WHO terutama di Afrika, trachoma dikenal menjadi masalah kesehatan masyarakat umum, hampir 176 000 orang dengan trakoma dilakukan operasi (95% dari total global), dan lebih dari 54 juta orang dirawat dengan antibiotik (97% dari total global) untuk trachoma.

Pada 1 Maret 2016, sebanyak 7 negara telah melaporkan kesuksesan kampanye untuk menghilangkan trachoma. Negara-negara ini adalah: China, Gambia, Ghana, Republik Islam Iran, Maroko, Myanmar dan Oman. Pada bulan November 2012, Oman diakui oleh WHO telah berhasil mengendalikan endemic trachoma.

Karakteristik klinis infeksi trakoma


Di daerah di mana terjadi endemik trachoma, infeksi menyebabkan pembengkakan adalah umum di antara anak-anak usia prasekolah, dengan tingkat prevalensi sekitar 60-90%. Durasi infeksi menjadi kurang sering dan lebih pendek dengan bertambahnya usia.

Infeksi biasanya dialami ketika mereka tinggal di dekat orang lain dengan penyakit trakoma aktif. Lingkungan keluarga adalah kendali utama untuk mencegah penularan. Sistem kekebalan individu yang baik bisa mencegah satu episode infeksi.

Setelah bertahun-tahun dan infeksi berulang, bagian dalam kelopak mata dapat menjadi parah membentuk bekas luka (jaringan parut konjungtiva trachomatous) menyebabkan bulu mata bergesekan dengan bola mata (trachomatous trichiasis).

Ini mengakibatkan rasa nyeri secara konstan dan menimbulkan perubahan lain dari mata membentuk jaringan parut pada kornea.

Jika tidak segera diobati, kondisi ini mengarah pada pembentukan kekeruhan ireversibel, mengakibatkan gangguan penglihatan hingga kebutaan.

Usia mempengaruhi intensitas transmisi lokal. Dalam masyarakat endemik, usia anak-anak sangat rawan infeksi, meskipun timbulnya gangguan penglihatan antara usia 30 dan 40 tahun.

Kebutaan akibat trakoma adalah hasil buruknya sanitasi hidup individu yang terkena infeksi dan keluarga mereka, biasanya populasi termiskin dari yang miskin. Perempuan lebih gampang buta hingga 4 kali daripada pria, mungkin karena mereka kontak langsung dengan anak-anak terinfeksi.

Faktor-faktor penularan trakoma


Faktor risiko lingkungan yang mempengaruhi tingkat penularan penyakit antara lain:

- Sanitasi atau kebersihan lingkungan yang buruk
- Rumah tangga yang banyak anggota
- Minimnya air dan drainase
- MCK ( mandi, cuci, kakus ) dalam fasilitas sanitasi yang tidak memadai.

Pencegahan dan pengendalian


Program eliminasi di negara-negara endemik sedang dilaksanakan dengan menggunakan strategi SAFE WHO yang terdiri dari:

- Operasi untuk mengobati tahap menyilaukan dari penyakit (trachomatous trichiasis);
- Antibiotik untuk infeksi yang jelas, khususnya pemberian obat massal dari azitromisin antibiotik, yang disumbangkan oleh produsen untuk program eliminasi, melalui International Trachoma Initiative;
- Menjaga kebersihan wajah
- Perbaikan lingkungan, terutama meningkatkan akses fasilitas air dan sanitasi.

Data yang dilaporkan ke WHO oleh Negara Anggota untuk tahun 2015 menunjukkan bahwa lebih dari 185.000 orang dengan trichiasis trachomatous disediakan dengan operasi korektif, dan 56 juta orang di komunitas endemik diobati dengan antibiotik untuk menghilangkan trachoma.

Upaya pencegahan perlu terus dilakukan untuk memenuhi target yang ditetapkan oleh resolusi World Health Assembly (WHA) yang merupakan tindakan penghapusan trachoma sebagai masalah kesehatan masyarakat, menjadi bagian penting dalam peningkatan fasilitas air, sanitasi dan pembangunan sosial ekonomi.


REFERENSI

Sumber Url : http://www.who.int/mediacentre/factsheets
Source Image Url: www.cehjournal.org

This Is The Oldest Page