Sabtu, 24 Desember 2016

Bagaimana Cara Trakoma Ditularkan

Trakoma adalah penyakit mata menular yang ditularkan melalui kontak pribadi langsung, melalui handuk dan kain, dan lalat yang hinggap mata atau hidung dari orang yang terinfeksi.

Jika tidak diobati, infeksi trachoma berulang dapat menyebabkan luka parah di dalam kelopak mata dan dapat menyebabkan bulu mata untuk menggaruk kornea (trichiasis).

Selain menyebabkan rasa sakit, trichiasis permanen kerusakan kornea dan dapat menyebabkan kebutaan ireversibel.

Trachoma ditrasmisikan di daerah yang tidak memiliki akses air dan sanitasi yang memadai, mempengaruhi masyarakat miskin yang hidup terbelakang dan berada di pinggir dari keramaian, kurang mendapat perhatian pemerintah.

Cara Trakoma Ditularkan

Trachoma merupakan penyakit infeksi mata yang disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis, yang mudah menyebar dan ditularkan dengan mudah melalui kontak dengan tangan atau pakaian dari orang yang terinfeksi, atau dengan lalat yang datang kemudian kontak langsung dengan mata atau hidung orang yang terinfeksi.

Trachoma merupakan penyebab utama kebutaan yang dapat dicegah. Individu yang terinfeksi tidak langsung mengalami kebutaan, namun penyakit memanifestasikan secara bertahap.

Jaringan parut dari infeksi berulang menyebabkan bulu mata untuk mengubah arah ke dalam dan menggaruk kornea, secara perlahan namun pasti dan menimbulkan mata sakit yang menyakitkan diakhiri dengan kebutaan.

Penyakit mata trachoma ditularkan melalui kontak pribadi dari orang-orang terdekat, cenderung terjadi dalam kelompok, sering menginfeksi seluruh keluarga yang meluas ke masyarakat.

Kebutaan akibat trachoma menyerang orang dewasa, menghambat kemampuan mereka untuk merawat diri sendiri dan keluarga.

Perempuan secara umum adalah pengasuh rumah, tiga kali lebih mungkin menularkan trakoma dan paling terkena trakoma dibandingkan pria untuk terkena penyakit tersebut.

Ketika seorang wanita tidak bisa lagi melakukan kegiatan penting untuk seisi rumahnya, anak perempuan yang lebih tua sering dikeluarkan dari sekolah untuk memikul tugas ibunya, sehingga kehilangan kesempatan dia untuk mendapat pendidikan formal.

Bakteri yang menyebabkan trachoma ditularkan terutama melalui kontak dengan nanah yang berasal dari mata orang yang terinfeksi.

Catatan, trakoma ditularkan melalui transmisi langsung dari mata pasien ke mata orang lain tidak dengan cara biasa, namun penularan dari ibu ke-bayi yang baru lahir langsung dapat terjadi selama kehamilan ibu memiliki bakteri Chlamydia pada jalan lahir nya.

Bakteri ini dapat hidup di alat kelamin  yang bisa masuk ke mata bayi karena lahir. Inilah sebabnya mengapa salep mata tetrasiklin (1%) diterapkan pada mata semua bayi sebagai bagian dari perawatan bayi baru lahir secara rutin.

Namun, rute yang paling umum dimana bakteri Chlamydia masuk ke mata dan menyebabkan trachoma adalah melalui:

1. Lalat mendarat di wajah orang yang terinfeksi dan kemudian membawa nanah ke wajah orang lain.
2. Orang yang terinfeksi menyentuh matanya dan kemudian menyentuh orang lain pada wajah atau langsung pada mata mereka.
3. Pakaian yang digunakan untuk menyeka mata yang terinfeksi kemudian mencemari mata orang lain, misalnya jika digunakan sebagai handuk, tisu, lap, dll.

Artikel Referensi :

1. www.mayoclinic.org/diseases-conditions/trachoma/basics/
2. https://www.cdc.gov/healthywater/hygiene/disease/trachoma.html

Source Image : http://www.cehjournal.org